Search
  • Admin

Green Qurban/ pengelolaan Qurban Ramah lingkungan di RSUD R. Syamsudin,SH


RSUD R. Syamsudin, SH kota Sukabumi melaksanakan pemotongan dan pendistribusian hewan qurban Idul Adha 1440 H/ 2019 pada hari Senin, 12 Agustus 2019 yang bertempat di lapangan UPBJ RSUD R. Syamsudin,SH kota Sukabumi. Kegiatan qurban tahun ini dirasakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pelaksanaan qurban dikelola berdarkan pada prinsip-prinsip ramah lingkungan. Ketua Panitia Qurban RSUD R. Syamsudin,SH kota Sukabumi tahun 2019 Bpk. Rohman, SH mengatakan bahwa pengelolaan qurban yang ramah lingkungan ini merupakan wujud nyata implementasi dari visi dan misi rumah sakit yaitu mewujudkan RSUD R. Syamsudin,SH yang nyaman berbasis green hospital.

Implementasi qurban ramah lingkungan diawali sejak perencanaan, Panitia memilih hewan qurban yang memilki sertifikat sehat. Rumah sakit juga mengirimkan salah satu wakilnya untuk mengikuti pelatihan pengelolaan qurban yang ramah lingkungan, kemudian pada saat pelaksanaan meminimalkan stress pada hewan qurban dan memaksimalkan untuk mengurangi limbah plastik serta mengelola limbah yang dihasilkan untuk dijadikan kompos.

Pada qurban tahun ini mengambil tema “semangat taqwa, raih berkahnya berbagi”,Panitia qurban RSUD R. Syamsudin, SH mendapatkan amanah dari para karyawan sejumlah 18 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari 128 mudohi. 1 ekor sapi diserahkan pengelolaannya pada masjid Agung. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 14 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Pemotongan hewan qurban dilakukan oleh 8 orang tenaga terlatih dari rumah potong hewan Sukabumi. Sedangkan perecahan dan pengemasan dilakukan oleh panitia yang berasal dari karyawan rumah sakit. Ada yang berbeda pada perecahan dan pengemasan pada qurban tahun ini, yaitu perecahan daging menggunakan meja yang bersih dan tidak langsung bersentuhan dengan tanah sedangkan pengemasan tidak menggunakan kantung plastik tetapi menggunakan besek/ bongsang dari anyaman bambu. Setiap proses pemotongan, pengemasan dan pendistribusian diawasi langsung oleh dinas ketahanan pangan, peternakan dan perikanan (DKP3) kota Sukabumi. Panitia mendistribusikan 4500 paket ke mustahik yaitu karyawan rumah sakit, masyarakat sekitar rumah sakit, yayasan/ panti asuhan dan panti jompo di wilayah sukabuni dan sekitarnya.

Pengelolaan limbah/ kotoran hewan qurban menjadi perhatian, dari mulai tranportasi hingga pembersihan. Panitia membuat lubang khusus untuk menjadikan kotoran hewan qurban menjadi pupuk kompos. Kotoran hewan qurban dimasukan kedalam lubang kemudian ditutup jerami kemudian disiramkan Mol EM4 100 ml dicampur 100 liter air. Proses permentasi selama 21 hari dan setiap satu minggu sekali dibalik, setelah 21 hari kemudian dibuka dan diberi kapur pertanian, kemudian kompos yang terbentuk dicacah hingga halus dan siap untuk dijadikan pupuk organik.

Direktur RSUD R. Syamsudin,SH mengapresiasi pelaksanaan qurban yang menggunakan prinsip-prinsip ramah lingkungan sebagai wujud komitmen rumah sakit mengimplementasikan 10 Agenda Global Green and Healthy Hospitaldan mengucapkan terimakasih kepada seluruh mudohi yang telah mempercayakan pengelolaan hewan qurbannya kepada Panitia, Semoga ibadah qurban para mudhohi dan juga panitia diterima oleh Allah SWT.


0 views

Jl. Rumah Sakit no. 01

Kota Sukabumi - Jawa Barat

Telp : 0266 225180   |   Fax  : 0266 212988

email : rsud@sukabumikota.go.id

© 2023 by rsudsyamsudin,sh